Saturday, June 28, 2025

MINI RISET METODE PENELITIAN

 

MINI RISET METODE PENELITIAN

Oleh : Antonius Gultom

 

Pendahuluan

Melakukan mini riset (penelitian kecil) dengan topik Metode Penelitian berarti kamu akan meneliti aspek-aspek tertentu dari metode penelitian itu sendiri. Mini riset cocok untuk tugas kuliah, paper pendek, atau latihan meneliti dengan skala terbatas (biasanya 1–2 minggu pengerjaan).

Berikut adalah langkah-langkah dan contoh penerapan mini riset bertopik Metode Penelitian :

1.   Tentukan Fokus Topik

Kamu perlu mempersempit topik menjadi hal yang spesifik, misalnya :

1)    Pemahaman mahasiswa terhadap metode penelitian kuantitatif.

2)    Pengaruh pelatihan metode penelitian terhadap minat skripsi.

3)    Perbandingan penggunaan metode kualitatif dan kuantitatif dalam skripsi mahasiswa.

4)    Kesalahan umum dalam penggunaan metode penelitian oleh mahasiswa.


2.    Rumusan Masalah (Contoh)

1)    Bagaimana pemahaman mahasiswa semester akhir terhadap metode penelitian kuantitatif?

2)    Apa saja kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memilih metode penelitian?


3.    Tujuan Penelitian

1)    Mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa tentang metode penelitian.

2)    Mengidentifikasi kesalahan umum dalam penyusunan metodologi skripsi.


4.    Tentukan Jenis dan Metode Penelitian

1)    Jenis penelitian : Deskriptif kuantitatif atau kualitatif.

2)    Metode pengumpulan data :

a.    Kuisioner (Google Form, cetak)

b.    Wawancara (jika kualitatif)

c.    Studi dokumen (misalnya analisis isi skripsi)


5.    Tentukan Sampel

1)    Misalnya: 15–30 mahasiswa semester akhir (untuk survei)

2)    Atau: 3–5 orang untuk wawancara kualitatif


6.    Pengumpulan dan Analisis Data

1)    Kuantitatif : hitung frekuensi, buat grafik, rata-rata

2)    Kualitatif : buat kategori tema berdasarkan jawaban responden.


7.    Hasil dan Pembahasan

1)   Tampilkan data (tabel/grafik)

2) Bahas apa temuan tersebut artinya, apakah sesuai dengan teori, apakah mengejutkan, dsb.


8.    Simpulan dan Saran

Simpulkan temuan utama

Berikan saran untuk pengajar atau mahasiswa (misalnya: perlunya pelatihan, bimbingan skripsi lebih awal, dll).

 

Contoh Mini Riset Sederhana

1.  Judul : Pemahaman Mahasiswa Semester Akhir Terhadap Metode Penelitian Kuantitatif di Program Studi Misi dan Komunikasi Kristen.


2.  Tujuan : Mengetahui sejauh mana mahasiswa memahami teknik analisis data dalam metode kuantitatif.


3.    Metode : Survei melalui Google Form kepada 30 mahasiswa.


4.    Hasil :

1)    70% paham dasar teori kuantitatif

2)    Hanya 35% yang paham cara uji validitas

3)    60% merasa SPSS sulit digunakan

4)   Simpulan : Sebagian besar mahasiswa masih kesulitan dalam aspek teknis metode kuantitatif, terutama pada analisis data.

 

Contoh Mini Riset dengan judul Pemahaman Mahasiswa terhadap Metode Penelitian Kuantitatif.


1.    Judul Penelitian

Pemahaman Mahasiswa terhadap Metode Penelitian Kuantitatif


2.    Latar Belakang

Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu pendekatan penting dalam dunia akademik, terutama dalam bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi. Namun, banyak mahasiswa masih mengalami kebingungan dalam memahami konsep dasar, teknik analisis, hingga penggunaan alat bantu statistik. Oleh karena itu, penting dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap metode penelitian kuantitatif.


3.   Rumusan Masalah

1)    Sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap metode penelitian kuantitatif?

2)    Bagian mana dari metode kuantitatif yang paling sulit dipahami mahasiswa?


4.    Tujuan Penelitian

1)   Mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap metode penelitian kuantitatif.

2)   Mengidentifikasi aspek-aspek metode kuantitatif yang paling sulit dipahami.


5.    Manfaat Penelitian

1)  Memberikan masukan kepada dosen mata kuliah Metode Penelitian agar dapat menyesuaikan pendekatan pengajaran.

2)   Membantu mahasiswa menyadari aspek-aspek metode kuantitatif yang perlu lebih diperdalam.


6.    Metode Penelitian

1)   Jenis Penelitian : Deskriptif kuantitatif

2)  Subjek Penelitian : 30 mahasiswa semester akhir dari Program Studi Misi dan Komunikasi Kristen.

3)   Teknik Pengumpulan Data : Kuesioner Google Form dengan skala likert (1–5).

4)  Instrumen : 10 pertanyaan tentang pemahaman konsep dasar, desain penelitian, teknik pengambilan sampel, analisis data, dan penggunaan SPSS.


7.    Hasil Penelitian (Simulasi Data)

Dari 30 responden, diperoleh hasil sebagai berikut:

Aspek yang dinilai

Skor rata-rata (1-5)

Pemahaman definisi penelitian kuantitatif

4.1

Pemahaman variabel bebas & terikat

3.8

Pemilihan desain penelitian (eksperimen/survey)

3.4

Teknik pengambilan sampel

3.2

Teknik analisis data (uji-t, ANOVA, regresi)

2.9

Penggunaan software statistik (SPSS)

2.5

 

8.    Pembahasan

Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memahami konsep dasar metode kuantitatif dengan baik (skor ≥ 4). Namun, pemahaman menurun pada aspek teknis seperti analisis data dan penggunaan software statistik. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih aplikatif, misalnya dengan praktik langsung penggunaan SPSS atau studi kasus.


9.    Simpulan

1)    Mayoritas mahasiswa memahami teori dasar metode kuantitatif.

2)  Aspek yang paling sulit dipahami adalah teknik analisis data dan penggunaan software statistik.

3)  Diperlukan peningkatan pembelajaran berbasis praktik dalam mata kuliah Metode Penelitian.


10. Saran

1) Dosen disarankan untuk memberikan lebih banyak latihan praktis penggunaan SPSS.

2)  Mahasiswa sebaiknya aktif mencari sumber belajar tambahan seperti tutorial video atau workshop analisis data.


Kuesioner

Pemahaman Mahasiswa terhadap Metode Penelitian Kuantitatif

Kuesioner ini menggunakan skala Likert 1–5, dengan pilihan:

    1 = Sangat Tidak Paham

    2 = Tidak Paham

    3 = Cukup Paham

    4 = Paham

    5 = Sangat Paham


Bagian I – Informasi Responden (Opsional)

1.    Jenis Kelamin :

☐ Laki-laki

☐ Perempuan

2.    Semester :

3.    Pernah mengambil mata kuliah Metode Penelitian?

☐ Ya

☐ Belum

 

Bagian II – Pernyataan Kuesioner

No

Pernyataan

Skor (1–5)

1

Saya memahami pengertian dasar metode penelitian kuantitatif.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

2

Saya dapat membedakan antara variabel bebas dan variabel terikat.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

3

Saya paham cara merumuskan hipotesis dalam penelitian kuantitatif.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

4

Saya mengetahui berbagai jenis desain penelitian kuantitatif (eksperimen, survey, dll).

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

5

Saya memahami teknik pengambilan sampel secara acak dan berstrata.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

6

Saya dapat membuat instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

7

Saya mengetahui cara menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

8

Saya memahami analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t, ANOVA, korelasi, dll).

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

9

Saya mampu mengoperasikan software statistik seperti SPSS atau Excel untuk analisis data. 

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

10

Saya merasa percaya diri melakukan penelitian kuantitatif secara mandiri.

☐ 1 ☐ 2 ☐ 3 ☐ 4 ☐ 5

 

Bagian III – Saran dan Komentar (Opsional)

Silakan tuliskan pendapat Anda tentang pembelajaran metode penelitian kuantitatif :


Antonius Gultom (antoniusgultom99@gmail.com)

Generasi Memberkati Anak Bangsa

 

 

 

No comments:

Post a Comment