Wednesday, June 14, 2023

UJIAN AKHIR SEMESTER STT SWARNA DWIPA MEDAN

 

   SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA (STT) SWARNADWIPA
PROGRAM STUDI MISI DAN KOMUNIKASI

      JL. Karya No. 69 Kel. Cinta Damai Medan Helvetia 

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
TAHUN AKADEMIK 2023 SEMESTER GENAP

Mata Kuliah / SKS

:  Manajemen

Semester

:  Dua dan Empat (II dan IV)

Dosen Pengampu

:  Antonius Gultom, S.Pd.,MM

Ruang

:  Lantai 2

Hari & Tanggal

:  Kamis, 08 Juni 2023

Waktu

:  90 Menit

Sifat Ujian

:  Tutup Buku

Pukul

:  08.00 – 09.40

Jumlah Peserta

:  12 Orang

Kelas

:  A

 

Petunjuk :

1.        Kerjakan aktivitas belajar di bawah dengan benar

2.        Mahasiswa mengerjakan aktivitas belajar sendiri

3.    Setiap mahasiswa kerjakan sendiri ujiannya dan tidak boleh copy paste dari kawan, jika ada temuan dianggap gagal UAS-nya.

Soal :

1. Seorang hamba Tuhan di beritakan melakukan korupsi di tengah-tengah pelayanannya, sudah hampir semua jemaat tahu akan hal tersebut. Tetapi hamba Tuhan tersebut sepertinya tidak merasa dia bersalah (korupsi). Jika anda ditugaskan untuk membantu pelayanan di tempat itu, hal apakah yang akan anda lakukan ?

2. Anda telah belajar manajemen dalam waktu satu semester, suatu saat nanti anda akan melayani di tengah-tengah masyarakat atau suku yang akan anda adopsi untuk anda layani. Sesuai dengan ilmu tersebut, bagaimana anda menggunakan memanajemen tersebut dalam pelayanan ?


Jawaban 

Nama                :    Berkat A. Pasaribu
Semester            :    IV (empat)
Mata Kuliah      :    Manajemen

 

Jawab :

 

1.     Hal yang saya lakukan di awal itu bagaimana supaya hamba Tuhan itu menyadari akan kesalahan tersebut, dan mengakui kalau memang benar dia yang melakukannya atau tidak, untuk bisa mencari tahu apa penyebabnya uang tersebut di katakan korupsi. Dan mengenai jemaat yang sudah tidak lagi mempercayai hamba Tuhan tersebut, maka saya mencoba untuk memberi pemahaman bahwa seorang hamba Tuhan juga manusia tak luput dari kesalahan, dan juga memberitahukan bahwa di zaman sekarang banyak juga hamba Tuhan yang sudah jatuh karena perkara uang, oleh karena itu saya menasehati jemaat tersebut bahwa bukan hamba Tuhan yang di lihat dalam pelayanan ibadah, yang menjadi alasan bahwa kekristenan itu tidak jelas melainkan hubungan dengan Tuhan lah yang harusdi perkuat, supayamenjadi seorang pengikut kristus yang benar dengan tidak melihat kesalahan orang lain, karena setiap manusia tak luput dari dosa.

2.    Saya memulai dengan hal kecil yaitu: 1) Dari awal saya datang saya melihat bagaimana keadaan di suatu daerah atau suku yang saya datangi tersebut; 2) Saya membangun hubungan dengan suatu keluarga, supaya saya dapat tinggal di antara mereka.; 3) Saya membiasakan untuk mengambil bagian di dalam rumah mereka; 4) Di lingkungan sekitar saya mencoba untuk melihat apa yang bisa dilakukan di tempat tersebut seperti (1)     melihat kebersihan lingkungan; (2)     melihat kebutuhan daerah tersebut; (3)     melihat pendidikan orang di daerah tersebut, khususnya anak-anak; 5) Berkontribusi juga dalam kegiatan daerah mereka. 

       Hal besar yang akan saya lakukan di suku yang saya adopsi nanti yaitu: 1) Saya akan membuat usaha, saya akan membuat usaha yang mungkin bisa di jual, baik itu di daerah tersebut maupun ke luar daerah bahkan melalui media sosial; 2) Saya akan membuka lapangan pekerjaan di daerah tersebut, dengan usaha yang dapat memperkerjakan orang di suku tersebut ; 3) Saya mencoba untuk melihat potensi alam yang ada di sana baik itu parawisata maupun sumber daya alam.

        Dari pembelajaran yang saya dapatkan selama satu semester ini saya akan menerapkan manajemen perubahan di daerah tersebu, supaya saya dapat membuat perubahan di daerah tersebut. manajemen konflik juga saya butuhkan di daerahtersebut jika terjadi suatu kericuhan di tempat itu, dan saya bisa menjadi penengahnya. Dan dengan manajemen pengendalian saya paham untuk bisa mengendalikan sesuatu dengan lebih baik lagi kedepannya, tanpa ada masalah yang terjadi. Dari pembelajaran yang saya dapatkan ini membantu saya untuk lebih lagi memberi dampak kepada orang lain, dan membawa perubahan yang baik dan mengembangkan daerah tersebut. 


 

No comments:

Post a Comment